Seminar Nasional 2018

Bulan Mei 2018 lalu, Pembinaan Guru Pendidikan Dasar (PGDIKDAS) melalui sub direktorat Kesejahteraan Penghargaan dan Pelindungan Pendidikan Dasar (KESHALRINDUNG DIKDAS) mengadakan seminar nasional yang diperuntukan untuk guru pendidikan dasar yaitu guru SD dan guru SMP.

Hari ini tanggal 5 September 2018, saya mendapatkan sebuah intruksi langsung dari panitia yang akan mengadakan kegiatan serupa, yaitu seminar nasional.

Namun kali ini mungkin tantangannya berat bagi para guru yang ingin mengikutinya. Hal ini dikarenakan waktu pelaksanaan yang super duper singkat dalam penerimaan pesertanya.

Pada tanggal 9 September 2018, peserta sudah tidak dapat melakukan apply kegiatan seminar lagi karena proses apply akan ditutup tanggal tersebut. Kemudian admin akan menunggu hingga tanggal 10 September 2018 untuk kelengkapan syarat administrasi. Admin berujar, syarat administrasi itu sangat mudah sekali, yang pertama membuat surat izin dari kepala sekolah untuk mengikuti kegiatan seminar. Hal ini di hawatirkan peserta atau guru yang akan mengikuti seminar nantinya akan mendapatkan masalah dengan kepala sekolah. Sedangkan yang kedua adalah surat pernyataan. Contoh surat pernyataannya sudah tersedia pada pedoman di bagian lampiran. Selanjutnya tanggal yang harus di perhhatikan betul yaitu tanggal 16 September 2018. Pasalnya pengiriman naskah atau artikel untuk seleksi seminar hanya dibatasi hingga tanggal 16 September 2018.

Yang perlu sangat sangat sangat diperhatikan lagi adalah keknis peengiriman artikel.

Bagian ini sangat penting, para peserta seleksi seminar nasional harus membuat artikel sesuai dengan tema yang ia pilih saat melakukan apply, selain itu peserta harus merujuk pada satu jenis makalah sesuai pada pedoman. Dalam pedoman ada 3 jenis makalah yang dapat dipilih salah satunya oleh peserta, diantaranya yaitu:

  1. Makalah hasil penelitian
  2. Makalah Hasil Kajian
  3. Makalah Best Practice

Silahkan lihat sistematika penulisannya pada pedoman (Download pedoman) pada pedoman tersebut, jangan lihat jadwalnya, tapi lihat format penulisan dan tema saja, karna tanggalnya yang betul sudah diubah:

Yang lebih sangat penting lagi, pada saat pengiriman naskah alias makalah, peserta harus tepat pada slot yang telah disediakan. Disini website menyediakan ada 3 slot untuk upload makalah, nama slotnya sama persis dengan jenis makalahnya, yaitu:

  1. Hasil Penelitian
  2. Hasil Kajian
  3. Best Practice

Jika yang anda tulis adalah jenis makalah Best Practice, maka kirim melalui slot Best Practice, begitupun seterusnya. Jika anda salah mengirimkan makalah anda pada slot yang lain, sebaiknya makalah anda diubah formatnya dengan yang sesuai pada slot. Jika slot yang lain belum terbuka, sebaiknya jangan terburu buru untuk mengirimkan makalah.

Selanjutnya peserta yang lolos dalam seleksi seminar nasional akan diumumkan pada tanggal 23 September 2018. Setelah ditahap ini peserta yang lolos harus mengirimkan kembali rangkuman atau semacam artikel yang disusun sesuai format untuk dibuat prosiding.

Oke, lalu seminar kapan mau dilaksanakan? Menurut sumber yang sangat terpercaya, yaitu pedoman yang telah di tanda tangani oleh Direktur Pembinaan Guru Pendidikan Dasar, seminar akan dilaksanakan tanggal 1-4 Oktober 2018. Menurut informan terpercaya, seminar nasional ini juga dilaksanakan dalam rangka memperingati hari guru internasional yang bertepatan dengan tanggal 5 Oktober.

Berikut ini alamat web Kesharlindung Dikdas untuk pendaftara seminar: http://kesharlindungdikdas.id

About Dakroni

15 comments

  1. Makasih pak.

  2. Wahhh…. terimakasih infonya mas admin. Sangat bermanfaat…

  3. Peserta workshop inobel jadinya boleh ikut to Pak?

  4. Maaf pak keluar jalur mau tanya….info tentang keg perlindungan guru ada juknisx gak pak?

  5. Terimakasih, izin bagikan.

  6. Ketinggalan atau terlambat.mohon diberi jadwal berikutnya

  7. Dah terlambat,bapak..kapan ada lagi

  8. Kapan ada lagi

  9. Saya sudah kirim artikel tp tidak sesuai dg tema yg dipilih saat Aply. Apa masih diterima?

  10. pengumumuan peserta semnas 2 sdh pa blm y??

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *