Olimpiade Guru Nasional 2019

Olimpiade Guru Nasional 2019 kali ini akan saya bahas agar para pembaca mendapatkan titik terang dari kegelapan dan tak tau arah, 😀

Ketika pembahasan pedoman OGN saya tidak hadir, maka terjadilah ketidak jelasan dalam memahami pedoman, setelah dibaca berulang kali akhirnya dapat dibuat kesimpulan dan di implementasikan pada sistem Kesharlindung Dikdas. Seperti ini alur pada sistem:

  1. Jika di umpamakan sebuah ruangan, OGN 2019 dibuat menjadi 3 ruangan dengan penjelasana sebagai berikut:
  •  OGN SD dan SMP SELEKSI DARING BERJENJANG

Utamanya Olimpiade Guru Nasional berpola sama seperti tahun sebelumnya, yaitu seleksi berjenjang. Dinas Kabupaten melakukan seleksi pada tingkat Kabupaten untuk mendapatkan juara ditingkat kabupaten yang nantinya akan dikirim ke Dinas Pendidikan tingkat Provinsi untuk berkompetisi ditingkat Provinsi yang diawasi langsung oleh pengawas dari panitia pusat(Kesharlindung Dikdas).Setelah mendapatkan juara tingkat Provinsi selanjutnya peserta juara tingkat provinsi akan dipanggil oleh panitia tingkat Nasional untuk bertandi pada tingkat Nasional. Kendati demikian, peserta OGN SD dan SMP SELEKSI DARING BERJENJANG harus tetap Apply kegiatan pada laman http://kesharlindung.pgdikdas.kemdikbud.go.id

  • OGN SD SELEKSI DARING TERPUSAT dan OGN SD SELEKSI DARING TERPUSAT

OGN SD Seleksi Daring Terpusat ini dibuat sebagai wadah Kegiatan OGN 2019 bagi guru yang Dinas Pendidikan Kabupaten tempat mereka bertugas tidak melaksanakan seleksi OGN 2019. OGN Seleksi Daring Terpusat ini secara langsung ditangani oleh panitia pusat (Kesharlindung Dikdas). Yang akan saya jelaskan pada tulisan ini terutama adalah OGN Seleksi Daring Terpusat. Berikut ini tahapan dan persyaratannya:

Tahapan OGN SELEKSI DARING TERPUSAT adalah sebagai berikut:

  1. Peserta harus terdaftar (memiliki akun pada web Kesharlindung Dikdas)
  2. Peserta harus login untuk menemukan kegiatan OGN DARING TERPUSAT
  3. Peserta harus mengirimkan syarat administrasi terlebih dahulu yaitu 4 jenis file yaitu:
  • SK CPNS/ PNS/ GTY/ GTT  ==> ini untuk membuktikan bahwa peserta telah mengajar lebih dari 4 tahun
  • SURAT PERNYATAAN ==> Format surat pernyataan bisa anda download DISINI
  • SURAT IZIN ==> Surat izin ini ditanda tangani oleh kepala sekolah, bagi guru yang tidak diizinkan oleh kepala sekolahnya maka tidak boleh ikut.
  • ESAI ==> Maksudnya adalah tulisan singkat 5 halaman dengan format bebas tapi rapih seperti artikel pada umumnya dengan tema pembahasan mengenai mata pelajaran yang diampu dengan tema sesuai pada pedoman.

Setelah berhasil di unggah pada laman http://kesharlindung.pgdikdas.kemdikbud.go.id maka selanjutnya peserta menunggu hasil pengumuman. Nah disini peserta membutuhkan kesabaran ekstra agar tidak terlalu ramai menanyakan kapan pengumamannya, karna jumlah peserta belum dapat dipastikan berapa banyak dan berapa menit dibutuhkan untuk memeriksa berkas satu per satu.

Singkat cerita, peserta yang sudah sesuai dengan persyaratan yang dimaksud selanjutnya akan kami umumkan nama-namanya dan akan mengikuti ujian secara online ditempat masing-masing dengan waktu yang ditentukan oleh panitia pusat. Ujian online rencananya akan diadakan setelah tes tulis tingkat provinsi OGN Seleksi Berjenjang.

Singkat cerita(karna udah lapar). Ujuan daring terpusat akan menghasilkan 6 orang masing-masing matapelajaran yang dilombakan. Yaitu 6 Orang X 5 Mata Pelajaran = 30 orang per Mata pelajaran untuk jenjang SMP, dan 6 Orang X 2 Kelompok Mata Pelajaran = 12 Orang per Kelompok mata pelajaran untuk jenjang SD. Jadi jumlah yang dihasilkan dari seleksi daring terpusat adalah 42 orang.

Demikian dulu saya tulis, untuk pertanyaan bisa langsung di kolom komentar, akan kami jawab..

About Dakroni

52 comments

  1. Ada.wr.wb.
    Pak dakroni saya mau ikut seleksi berjenjang yg propinsi tp kabupaten saya tidak mengadakan seleksi berjenjang. Mohon solusinya pak. Terima kasih sebelumnya pak

  2. Terimakasih infonya pa 👍👍👍

  3. Persyaratan sk cpns atau pns yang di upload harus sk asli ? Apa tidak bisa copiannya saja karena berhubung yang asli masih tersimpan “aman” di bank. Apa bisa sk pangkat terakhir asli saja yang di upload ? Seperti sk 4/a. Terima kasih.

  4. Untuk surat ijin KS tidak ada contoh formatny??

  5. Mohon ijin pak Dakroni…
    Assalamualaikum….
    untuk point Essay, apakah ada format atau kaidah tertentu, misal BAB I, II, III & daftar pustaka dll
    maaf sebelumnya seandainya pertanyaan saya tidak berbobot, karena sya blum pernah menulis essay/artikel
    terimakasih
    Wassalamualaikum..

  6. Kang dakroni,,,,OGN masih mensyaratkan nilai ukgkah sebagai salahsatu penentu ikut OGN. Di daerah kami yang hanya ikut nilai tertinggi saja yang terpanggil……Terima kasih kang

  7. Assalamualaikum.. Pak cara apply daring berjenjang bagaimana ya…

  8. berarti peserta yang lolos daring terpusat nanti ikut berkompetisi bersama juara provinsi ya pak?

  9. pak dakroni, kalau kabupaten melaksanakan seleksi apa harus daftar juga di kesharlundung? beberapa waktu lalu saya coba utk apply tdk aktif utk pilihan ogn berjenjang. sebelumnya trima kasih pak.

  10. Pak..sy sdh isian utk daftar tp setelah di klik DAFTAR…lgs tertulis error..
    Apa yg error ya?? Makasih

    • setiap error ada keterangannya bu. itu ibu bisa ikuti saran dari sistem. misalnya error karna NUPTK sudah digunakan, itu artinya ibu sudah terdaftar, jadi ibu tinggal login saja

  11. Maaf pak, saya mau bertanya..syarat menjadi peserta OGN salah satu nya belum pernah menjadi juara 1,2 dan 3. Itu maksudnya juara tingkat kabupaten/kota, provinsi, ato nasional pak?mohon petunjuk nya. Terima kasih sebelum nya.

  12. Assamualaikum kang dakroni, di daerah saya seleksi OGN tidak ada info namun secara sepihak tiba-tiba saja sudah ada seleksinya dan muncul juaranya Padahal kami ingin sekali menguji kemampuan di ajang OGN ini. Bolehkah saya ikut peruntungan OGN lewat daring. walaupun di daerah sudah mengadakan namun infonya seperti yang kami jelaskan tadi. Terima kasih sebelumnya. Tetap semangat kang memberikan pencerahan.

  13. Pak… Boleh minta contoh untuk surat izinnya.
    Trimakasih

  14. Pak, jika sudah daftar di seleksi daring terpusat, lalu kabupaten ternyata melaksanakan seleksi berjenjang, bagaimana cara membatalkan pendaftaran di daring terpusat? Saya sudah daftar juga di seleksi berjenjang setelah tahu bahwa kabupaten melaksanakan seleksi di kabupaten. mohon penjelasannya Pak, Terimakasih.

  15. Pak Maaf, nanya tentang kutipan bapak “6 Orang X 2 Kelompok Mata Pelajaran = 12 Orang per Kelompok mata pelajaran untuk jenjang SD” itu untuk setiap provinsi atau kabupaten pak?

  16. pak. sy sdh daftar di daring terpusat. lalu info kabupaten mengadakan juga. trys sy daftar yg berjenjang sd. sk cpns bs diupload. tp utk upload pernyataan dan surat izin gak bs. bgmn ini pak? trus bgmn caranya membatalkan yg sdh daftar di daring terpusat pak??? mohon penjelasannya. hr ini kan Deadline upload adm yg berjenjang.

  17. Mau nanya, untuk surat pernyataan apakah harus bermaterai atau tidak?

  18. Konfirmasi:
    1. Saya udah tahap proses administrasi, direncanakan akan refisi administrasi?…
    2. Bagaimana terkait syarat nilai awal UKG, saya ikut UKG tahun 2015?….
    Terimakasih.

  19. Maaf Pak,
    Saya sudah lihat pedoman OGN 2019 tetapi kok tidak menemukan tema Essay nya ya?
    Boleh di informasikan tema/topik essay tahun ini?
    Terimakasih banyak sebelumnya

  20. Dyah Laksmi Tejaningsih

    Pak Dakroni saya sudah up load surat pernyataan tapi memakai format lama apakah boleh? atau harus saya ganti?

  21. Pak mau tanya..
    Surat pernyataan itu isinya apa saja?
    Atau hanya 1 lembar saja?

  22. Pak sirat oernytaan isinya apasaja??
    Apakah perlu dilampirkan dalam satu file?

  23. Maaf bapak sy mau dftr tp tdk bs login, krna thn kmren yg dftrkn dr dinas, tanya ke dinas lupa akun n password jg lupa email yg didaftarkan.
    Mohon bantuan reset akun ats nm SUWARTO NUPTK 1233747648200003
    Terimakasih

  24. SELAMAT SIANG, Mengapa laman untuk OGN sd seleksi daring terpusat tidak bisa dibuka ???? terima kasih, mohon solusinya.

  25. Pak Dakroni, Mohon info kalau saya klik OGN SD seleksi daring terpusat kok not found, sedangkan kalau klik OGN SD Dan SMP seleksi berjenjang bisa dibuka. Itu artinya bagaiamana ya? Soalnya saya konfirmasi ke Dinas Pendidikan Kota, katanya tidak mengadakan seleksi OGN. Mohon penjelasannya. Terimakasih

  26. Pak kalau di seleksi berjenjang statusnya dalam proses artinya nama sudah didaftarkan?

  27. Assalamualaikum.
    Pak Dakroni, saya mau mendaftar OGN tetapi mau membuka web kesharlindung.pgdikdas.kemdikbud.go.id tidak bisa. Kenapa Pak?

  28. Kang Dakroni. Knp menu kirim essai sudah d tutup yah, padahal minggu kemarin tertera pengiriman file terakhir 6 maret 2019?

  29. Uswatun hasanah

    Mas dakroni,gimana kalo sy udah terlanjur daftar ogn tematik sd yg daring terpusat dan berhasil upload karena sampe tgl 28 februari dikota sy belum ada info sama sekali. Ternyata di tgl 1 maret kemarin pihak diknas dikota mencantumkan nama sy sebagai peserta ogn sd tematik berjenjang dg kegiatan yg dilaksanakan di salah satu hotel. Mohon solusinya mas dakroni. Trims

  30. Malam pak dakroni, saya lulus administrasi tapi yang mau saya tanyakan sebelumnya kan sudah membuat essay untuk syarat mendaftar ogn terpusat, kemudian ada lagi menu artikel singkat, apa iya essay yang kita kirim itu, atau membuat lagi pak untuk diupload di menu tulisan singkat yang masa berakhirnya tanggal 15 maret 2019, makasih pa infonya

  31. Berjenjang ini apakah harus diseleksi Kabupaten dulu baru daftar Mas? soalnya terakhir tanggal 20 Maret.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *