Sebaran Kuota Finalis Tingkat Nasional Olimpiade Guru Nasional 2019 Pendidikan Dasar.

Jumlah Kuota Finalis Olimpiade Guru Nasional 2019 Pendidikan Dasar di Tingkat Nasional

Ibarat sebuah permainan, strategi menjadi salah satu kunci keberhasilan. Sama halnya dengan ajang Olimpiade Guru Nasional (OGN) 2019 yang beberapa waku lagi akan segera berlangsung. Strategi bisa dipetakan jika kita mampu membaca situasi di lapangan. Salah satu yang patut diperhatikan adalah  daya tampung atau jumlah kuota peserta yang terakomodir. Hal ini penting untuk menentukan kategori mana yang memiliki peluang lebih terbuka.

Nah, untuk itu pada postingan kali ini saya akan menjelaskan  terkait jumlah kuota finalis OGN 2019 Pendidikan Dasar yang bakal berlaga di tingkat nasional.

Dari jumlah peserta yang mendaftar, penyelenggara hanya akan menampung sebanyak 280 finalis. Adapun pembagiannya sebagai berikut:

  1. SD Seleksi Berjenjang

Pada kategori ini calon peserta memiliki dua pilihan, yakni antara Tematik dan Matematika. Baik Tematik maupun Matematika sendiri memiliki kuota yang sama yakni sebanyak 34 peserta. Ini diambil dari seluruh Provinsi. Setiap provinsi akan diambil 1 orang terbaik dalam bidang Tematik dan 1 orang lainnya untuk  bidang Matematika sehingga jumlah peserta SD Seleksi Berjenjang adalah 68 orang(34 SD+34 SMP).

  1. SD Daring Terpusat

Sama halnya dengan seleksi berjenjangg, pada daring terpusat pun peserta dihadapkan pada dua pilihan, yaitu Tematik dan Matematika. Hanya saja pada kategori ini jumlah kuota jauh lebih sedikit, yakni masing-masing kategori memiliki daya tampung 6 peserta. Maka dari dua kategori tersebut jumlahnya 12 orang.

  1. SMP Seleksi Berjenjang

Di tingkat SMP pembagian mata pelajaran cukup banyak. Tidak kurang dari lima mata pelajaran terakomodir. Di antaranya yaitu: IPA, IPS, Matematika, Bahasa Inggris, dan Bahasa Indonesia. Masing-masing memiliki sebaran kuota yang sama yakni 34 peserta, yakni dari masing-masing provinsi mewakili satu orang terbaik dibidang mata pelajaran yang dilombakan.

  1. SMP Daring Terpusat

Pada seleksi daring terpusat di tingkat SMP penyelenggara tetap menggunakan pembagian enam mata pelajaran, sama dengan seleksi berjengjang. Hanya saja daya tampung kuota lebih sedikit, yakni masing-masing mengakomodir 6 finalis per mata pelajaran dengan model juara yang sama dengan jenjang SD

Dari hasil model penyaringan yang berbeda tersebut, seluruh peserta finalis baik OGN Seleksi Berjenjang dan OGN Daring Terpusat akan berkompetisi ditingkat Nasional untuk memperebutkan Juara Nasional.

Setelah mengetahui sebaran kuota di setiap kategori, hal yang paling membantu adalah membaca kualitas diri. Langkah ini penting agar tidak salah memilih kategori.

 

==SEMOGA BERHASIL==

About Dakroni

14 comments

  1. terimakasih infonya pak Dakroni.

  2. pak dakroni, jika daftar di daring terpusat dan berjenjang, apakah boleh utk mencoba keberuntungan???

  3. Apakah boleh ikut seleksi daring terpusat jika kabupaten melaksanakan seleksi berjenjang?

  4. Jadi boleh ikut seleksi daring terpusat walau di kabupaten ada seleksi mandiri berjenjang?

  5. Kalau Dikmen pak?

  6. pak, seleksi daring terpusat kenapa sudah d tutup untuk kirim file essainya. Padahal minggu kemarin sy lihat penutupan kirim file tertanda 6 maret 2019. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *