SEMINAR NASIONAL 2019 KESHARLINDUNG DIKDAS

Sedikit merefleksi ketegangan dari Olimpiade Guru Nasional Tahun 2019 yang membuat para guru hebat terseok-seok mengejar deadline pengiriman persyaratannya hingga admin pun ikut terseok pula menjawab pertanyaan guru hebat nan eggan membaca https://gurindo.id/ 😀

Banyak kegiatan pemberian penghargaan terhadap guru hebat yang ditangani oleh SIMLKTI pada Subdit Kesharlindung Dikdas yang ditunjukan dengan alamat http://kesharlindung.pgdikdas.kemdikbud.id/ salah satunya adalah SEMINAR NASIONAL 2019.

Seminar Nasional yang diadakan oleh Subdit Kesharlindung Dikdas Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar biasanya diadakan dua kali dalam satu tahun di bulan Mei dan di bulan Oktober.

Tidak berbeda dengan Seminar tahun sebelumnya, Seminar Tahun ini (2019) diadakan dibulan Mei dan Oktober 2019. Seminar tahap 1 akan diadakan pada Bulan Mei ditanggal 21-24 Mei 2019. Tanggal tersebut bisa saja berubah setiap saat, namun perubahannya tidak terlalu signifikan.

Sedikit mengulas teknis penerimaan peserta Seminar Nasional 2019

Seminar Nasional masih sama seperti seminar tahun sebelumnya, caranya yaitu mendaftar melalui SIMLKTI yang digunakan Kesharlindung Dikdas. Jangan salah paham dengan kata DAFTAR. Dulu sistem menggunakan kata Apply pada tombol pendaftaran setiap kegiatan, namun ternyata kata Apply banyak yang belum memahami hingga akhirnya diganti dengan kata Daftar Kegiatan (nama kegiatannya). contohnya seperti ini:

Gambar Contoh Tombol Daftar Kegiatan

Gambar diatas itu ada di portal peserta setelah berhasil login, untuk bisa login anda harus punya akun (Account), untuk mendapatkan akun anda harus mengisi biodata. Pengisian biodata untuk mendapatkan akun hanya dilakukan sekali saja.

Setelah berhasil mendaftar, siapkan juga syarat administrasinya. Syarat administrasi ini tidak terlalu sulit, biasanya meliputi Surat Pernyataan yang menyatakan apa-apa yang menjadi ketentuan panitia yang tertuang dalam pedoman. Sebenarnya surat pernyataan ini formatnya tidak ditentukan oleh panitia, tapi peserta malah jadi bingung menentukan formatnya. Semoga ditahun ini dibuatkan format surat pernyataan oleh panitia. Selain surat pernyataan ada juga surat ijin dari kepala sekolah, ini juga bebas formatnya sesuai dengan persuratan sekolah masing masing. Ini dimaksudkan agar peserta tidak menjadi masalah ketika mengikuti kegiatan yang mengharuskan meninggalkan Sekolah.

Jika syarat administrasi ini sudah terpenuhi, biasanya peserta akan diminta untuk mengirimkan naskah artikel 15 halaman yang ditulis sendiri sesuai dengan aturan penulisan artike yang diminta pada pedoman. jadi tidak jauh-jauh dari pedoman yang ada. Soooooo pelajari saha pedomannya.

Semoga tulisan ini bermanfaat, harapan penulisa hanya satu dari setiap tulisan yang di posting, yaitu Berkah dan bermanfaat.. 

Share…

About Dakroni

6 comments

  1. Terima kasih informasinya

  2. pak apakah pendaftaran seminar nasional bulan mei sdah dibuka?

  3. Mas Dakroni, tahun lalu saya berpartisipasi pada semnas 2 di Millenium Sirih Jakarta, tahun ini saya boleh mendaftar lagi?

  4. Usman, S. Pd. M. Pd

    Assalamu’alaikum Pak Dakroni, dimana kita dapat mendowload pedoman seminar tahap 1 tahun 2019?

  5. Terima kasih informasinya Mas. Untuk Pedoman Seminar tsb bisa diunduh di mana ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *