MENGOLAH TULISAN

Untuk seorang chef atau ibu-ibu yang jago masak, mengolah bahan masakan menjadi sebuah hidangan menarik dengan rasa yang lezat dan disukai semua orang tentu bukan hal yang sulit. Mereka tak akan pusing lagi untuk meramu masakan, jika kepadanya diberikan beberapa bahan makanan. Hal itu tentu saja mudah bagi mereka, karena mereka sudah terbiasa dan terlatih. Apalagi jika masak merupakan hobby. Mereka akan trampil dan hapal semua resep serta komposisinya karena sering mencoba dan mempraktekannya.

Berbeda halnya jika kita hanya hapal dan tahu resepnya tapi tidak pernah mencoba mempraktikkannya. Atau sekali pun mencoba tapi cuma sekali-sekali doang. Seminggu sekali misalnya atau bahkan sebulan sekali (seperti aku),Tentu akan bingung, lupa lagi-lupa lagi caranya. Apalagi jika baru masak. Jangan-jangan alat-alat yang harus dipersiapkan pun tak tahu.

Begitulah halnya dengan menulis. Seorang penulis harus dapat mengolah sesuatu yang dilihat, dirasa dan dipikirkan ke dalam sebuah tulisan. Ia juga harus dapat meramu kata membentuknya menjadi beberapa kalimat dalam paragraf demi paragraf. Sulit… Pasti akan sangat sulit apabila kita tidak berani mencoba dan berlatih. Apalagi sama sekali tidak mau membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *