PETUNJUK UJIAN ONLINE OGN 2019

Mungkin ada Bapak Ibu Guru yang sudah melaksanakan ujian online Olimpiade Guru Nasional di jenjang Dikmen, Sebelumnya mohon maaf jika postingan ini telat, tapi akan tetep kita bahas.

Baiklah, tutorial ini diperuntukan bagi peserta yang sudah lolos ujian administrasi dan akan melaksanakan ujian onlien. Yang pertama kali kami ingatkan berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya dan berdasarkan ujian kemarin disalah satu provinsi, salah seoran peserta merasa kecewa karena merasa tidak adil dengan sistem ujiannya, Peserta tersebut merasa melewati soal yang sulit untuk dijawab diwaktu berikutnya namun ternyata soal tersebut tidak muncul. nah ini, perlu anda perhatikan tulisan saya.

Kita asumsikan para pembaca adalah peserta ujian online tanpa kendala login error, kemudian sudah memilih menu OGN dan memilih menu ujian online:

Gambar 1. Memulai Ujian Online

Penjelasan:

  1. Abaikan saja nomor satu, itu adalah keterangan status peserta yang dapat melakukan ujian online, yaitu pada level Terpilih, dan mode penyajian soal satu-satu/per soal artinya yang muncul soalnya satu satu.
  2. Total soal 10 artinya jumlah soal yang ada di bank soal ada 10, jika tertulis 1000 maka jumlah soal yang ada di database 1000 soal. Lama Pengerjaan 120 Menit ini artinya dari 10 soal itu waktunya 120 menit. Soal anda 10 adalah soal yang akan anda kerjakan sejumlah 10, berbeda dengan total soal 10 yah bapak ibu, karna total soal 10 adalah total soal daroi atabase.
  3. Pada point yang ditunjukan dengan nomor 3, adalah waktu mulainya ujian. Pada gambar contoh menunjukan Hari Rabu, 13 Maret 2019 09.53 WIB sedangkan yang ditunjukan
  4. pada poin nomor 4 adalah akhir dari ujian yaitu Rabu 20 Maret 2019
  5. Pada Gambar yang ditunjukan dengan nomor 5 artinya adalah rentang waktu ujian online, yaitu antara tanggal  saat anda membuka sistem – 20 Maret 2019. Semoga bisa dipahami. Ini bukanlah waktu lama mengerjakan, tetapi rentang antara akhir waktu dengan waktu saat ini.
  6. Jika anda sudah siap ujian online, maka klik tombol dengan tanda nomor 6 tersebut.

Selanjutnya akan muncul tampilan sebagai berikut:

  1. Jika anda sudah memilih jawaban dengan cara mengklik pilihan A, B, C dan D maka klik Simpan untuk melanjutkan soal, tapi jika anda masih ragu dan ingin melewati soal maka klik Lewati
  2. Tombol Lewati berwarna kuning

harus diingat, jangan salah pilih tombol simpan atau lewati, ini pernah terjadi dan harus diwaspadai.

About Dakroni

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *