Resensi Buku: Raksasa Pemangsa Bulan

Judul Buku :Raksasa Pemangsa Bulan
Penulis : Nia Kurniasih (Meynia)
ISBN : 978-602-478-829-2
Editor: Sri Mugi Rahayu
Desain Sampul : @kholidsenyum
Penerbit : CV. Pustaka Mediaguru

Nama Nia Kurniasih. Di dumay lebih dikenal dengan nama Meynia. Lahir di Bogor 23 April 1972. Itulah tanggal lahir yang tertera di semua dokumen. Dari kecil hingga dewasa tinggal di Bogor. Pernah bersekolah di SDN Gunung Batu 3, SMPN I Ciawi, SPG PGRI Bogor, dan selanjutnya melanjutakan D2 di IKIP Jakarta. Selesai kuliah D2 IKIP Jakarta tahun 1994, menjadi guru honor di SDN Gadog 2, SDN Ciawi I dan SD Amaliah Ciawi.

Kini mengajar di sebuah SD di daerah Tangerang. Tepatnya SDN Tegalkunir Lor II. Tahun 1999 aku mendapat SK CPNS di sana. Hingga sekarang, sudah kurang lebih 20 tahun mengajar di situ tak pernah mutasi kemana-mana. Menjemukan memang. Bukan bosan dengan anak-anak juga bosan mengajar tapi bosan dengan keadaan yang tidak bisa merubah diriku. Membuat aku semakin terlena dengan situasi yang nyaman dan monoton. Sebagai guru ingin punya sesuatu yang dapat dibanggakan, meski tak bisa berprestasi. Aku ingin sekali punya karya. Ingin punya sesuatu agar orang mengenal siapa aku. Untuk meningkatkan kompetensi aku selalu mencari informasi baik lewat teman atau pun lewat media sosial. Berbagai pelatihan dan seminar sering diikuti, meski pun itu dengan dana sendiri. Karena jika untuk meningkatkan kompetensi hanya mengharapkan tugas dinas, itu tak akan mungkin. Biasanya jika ada pun mereka lebih menunjuk orang yang mereka kenal dan dekat saja.

Sebenarnya sudah lama senang menulis, dan ingin menulis. Dari kecil sudah senang membaca buku. Membaca sudah menjadi bagian dari hidupku. Rasanya seperti ada yang kurang jika sehari saja tidak membaca. Dulu jika ingin membaca suka ke taman bacaan untuk meminjam buku. Taman bacaan itu tak jauh dari rumah. Ketika gadis suka berlangganan koran, majalah Anita, dan Femina. Berlangganan koran masih kulanjutkan hingga memiliki anak pertama. Lalu setelah mengenal hp dan media sosial tak pernah lagi berlangganan koran. Karena semua bacaan apa pun dapat diperoleh dengan searching di google. Lebih hemat buat ibu-ibu seperti aku.

Aku mulai menggali potensi dari hobby selama ini, yaitu membaca. Sudah lama sekali ingin bisa menulis. Menulis di sebuah media dan memiliki sebuah buku adalah impianku.

Raksasa Pemangsa Bulan adalah buku perdana. Sebuah cerita tentang proses terjadinya gerhana bulan yang dikemas dalam bentuk cerita fiksi. Cerita ini dibuat dengan latar sebuah desa di kabupaten Tangerang tempat aku mengajar.

_Sinopsis_ :
Desa Tegalkunir Lor mendadak gaduh. Ketenangan dan kenyamanan tiba-tiba raib saat berkembang desas-desus menyeramkan itu. Konon akan muncul raksasa pemangsa bulan di desa mereka. Semua orang ketakutan. Mey juga. Namun, tidak dengan Agus, sahabat Mey.
Hingga pada suatu malam ketika Mey dan Agus pulang ngaji, Mey melihat penampakan raksasa itu muncul ketika tiba-tiba langit terlihat gelap. Mey menjerit ketakutan. Ia berlari kencang tanpa memedulikan Agus yang mengikutinya dari belakang. Esoknya, di sekolah anak-anak ramai mendengarkan cerita Mey. Pak Guru ingin membuktikan kebenaran cerita Mey.
Akankah Desa Tegalkunir Lor mampu selamat dari ancaman raksasa pemangsa bulan?

Penasaran dengan ceritanya? Pesan saja bukunya

About Nia

Guru SD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *